Gaji Pns Dua Pekan Sebelum Lebaran

ALAM SAUDARA
Kami tampilakan sebuah berita terkini yg menyajikan berita terhangat dan terpecaya!


Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota POLRI, prajurit TNI dan pejabat negara dipastikan akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 sebelum lebaran Idul Fitri tahun ini.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur.

Menurutnya, Peraturan Pemerintah (PP) terkait pemberian kedua tunjangan tersebut telah rampung dikerjakan dan tinggal menunggu tanda tangan Presiden untuk pelaksanaannya.

"Gaji ke 13 sudah kita putuskan akan diterima sebelum hari raya termasuk juga THR. Itu juga akan kita bayarkan sebelum Lebaran. Saya dengan Menkeu sudah sepakat kemarin," katanya seperti dilansir dari laman detikcom, Jumat 2 Juni 2017.

Meski belum mengetahui pasti kapan persisnya waktu kedua tunjangan tersebut dicairkan dan apakah dicairkan dalam waktu bersamaan, Asman memastikan THR dan gaji ke-13 bakal cair sebelum hari raya tiba.
- See more at: http://www.riau24.com/berita/baca/72989-thr-dan-gaji-ke13-pns-cair-minimum-2-pekan-sebelum-lebaran/#sthash.0AnY6P86.dpuf

Sesuai aturannya, minimum dua minggu sebelum hari-H," tukas Asman.

Sementara itu, diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemberian THR dan gaji ke-13 untuk PNS memang sudah tertera dalam UU Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017. Anggaran pun sudah disiapkan lebih awal.

"Kalau gaji ke-13 kan itu memang untuk policy dari pemerintah, di UU APBN sudah disebutkan tentang gaji ke-13 dan THR. Ya, pada saat masyarakat sedang merayakan kegembiraan," kata Sri Mulyani.

Pencairan THR dan gaji ke-13 yang berdekatan merupakan momen yang tepat. Sebab selain untuk memenuhi kebutuhan perayaan Lebaran, uang tersebut juga bisa untuk menutupi kebutuhan tahun ajaran baru sekolah.

"Saya rasa itu timing yang tepat dan biasanya dilakukan pada saat pertengahan tahun juga untuk kebutuhan, biasanya untuk anak-anak yang masuk sekolah," jelasnya.

Pada kesempatan berbeda Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono menuturkan yang berhak mendapatkan gaji ke-13 dan THR adalah PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, penerima pensiun dan tunjangan, pimpinan dan pegawai non PNS pada lembaga non struktural.

"Ini sebagai wujud apresiasi Pemerintah atas pengabdian kepada Bangsa dan Negara," ujarnya kepada detikFinance.

Besaran THR adalah sebulan gaji pokok. Sementara itu untuk gaji ke-13 akan diterima secara keseluruhan, yakni gaji pokok beserta seluruh tunjangan yang biasanya diterima.

"Gaji ke-13 besarnya sebesar sebulan penghasilan PNS, termasuk tunjangan jabatan, tunjangan keluarga dan lain-lain," terang Marwanto.

Realisasi dana yang diperlukan pemerintah pada 2016 totalnya Rp 17,9 triliun. Dengan rincian gaji ke-13 sekitar Rp 6,5 triliun, pensiun ke-13 Rp 6,2 triliun, dan THR sebesar Rp 5,2 triliun.

Marwanto menjelaskan kebutuhan dana diperkirakan sedikit meningkat dibandingkan anggaran tahun lalu. Penyebabnya yaitu kenaikan pangkat PNS sehingga gaji pokok turut naik. Selanjutnya terdapat kenaikan gaji berkala dari pegawai dan penambahan jumlah pegawai di beberapa Kementerian Lembaga (KL).
- See more at: http://www.riau24.com/berita/baca/72989-thr-dan-gaji-ke13-pns-cair-minimum-2-pekan-sebelum-lebaran/#sthash.0AnY6P86.dpuf

baca juga;

TERIMA KASIH SAUDARA  KARENA SUDAH MAMPIR DI BLOG KAMI DAN KAMI AKAN TINGKATKAN TERUS BERITA YANG SEMAKIN TERPECAYA

 SUMBER;http://www.riau24.com

0 Response to "Gaji Pns Dua Pekan Sebelum Lebaran "

Posting Komentar

loading...